Si mpus Sakit

 Gute nach alle, saya mau share pengalaman saya tentang Kucing saya yang tiba-tiba kena Muntaber. Yuk dimulai,

 Akhir Juli 2019 lalu kucing betina saya yang diberi nama "Gifa" tiba-tiba sakit. Gejala nya : Muntah yang sering dan terus menerus, Diare. Oke saya Simpulkan si empus kena Muntaber. Tapi saya gatau sebabnya karena apa, kalo karena makanan, gak akan mungkin Karena makanannya si empus gak pernah yg aneh-aneh selalu dry Food yang saya suka cek Exp nya. Apa Mungkin Bakteri atau Virus ?! Entah.. (masih nebak-nebak sih)
Saya kasih obat anti diare dan obat Lambung
(Diatab dan Ranithidin) ya dosis nya tergantung sama berat badan si empus yang kalian punya ya kalo mau ngasih obat itu, kalo "Gifa" saya kasih 10mg karena BB nya dia 4,8 kg.
Satu kali Saya kasih obat itu tidak bereaksi, kedua kali juga tidak bereaksi karena si empus masih muntah dan diare. Saya gak tega liat si empus karena bolak balik ke WC ditambah gamau makan dan minum all hasil si empus jadi dehidrasi. Oke, ini ada yang ga beres dan agak serius.

  Saya liat dulu perekembangannya sampai esok harinya, ternyata belum ada perkembangan. Saya memutuskan untuk membawanya ke Klinik Hewan yaitu "DNA Clinic" kebetulan tidak jauh dari rumah. Sesampainya disana, saya ke pendaftaran dan si empus langsung dibawa ke ruang pemeriksaan. Saya bertemu langsung dengan drh. Mega dan saya ceritakan kronologisnya seperti apa. Lalu si empus mulai di periksa mulai dari TTV (tanda-tanda vital), telinga, Bulu, mata semua dalam keadaan Normal. "Alhamdulillah"
Saya tanya ke dokternya :

Saya : dok, bener ga demam kan? Terus diare sama muntah nya karena apa ya?
Dokter : demam nya sudah lewat seperti nya mba, soalnya skrg suhunya normal. Gifa poopnya gimana, pipis nya gimana, muntahnya gimana?
Saya : oh gitu dok,. Poopnya cair, tapi dikit2 terus berlendir dan sering dok, pipisya juga sering padahal gak mau minum, muntahnya putih berlendir semenjak ga ada asupan makan. Saya juga udh kasih obat dirumah dok, tapi gak ada perubahan.
Dokter : dikasih apa mba obatnya ?
Saya : Ranitidin sama Diatab dok,
Dokter : iya, gapapa. Bagus itu juga. Tapi anehnya gak ada perubahan ya. Udh di vaksin apa aja ? Ini saya kasih obat muntabernya, tapi saya ga tau penyebabnya, jadi kurang spesifik kalo nsnti saya kasih obat. Gimana kalo kita cek lab juga mba, biar ketauan penyebabnya? "dokter menjelaskan harga dan apa saja yg perlu di cek"

(Cek lab ini ada 2 macam, yang pertama untuk Mendiagnosa awal, dan yang satunya untuk mendiagnosa lebih dalam bila hewan kita tetap sakit dan tidak ada perubahan dari cek lab pertama)

  Harga Cek lab mulai dari 150.000 - 500.000 (itu tergantung klinik yang kalian kunjungi ya)
Lanjut ya...

Saya : yaudah dok, cek lab aja
Dokter : oke mba, kita cek lab ya, hasilnya ditunggu 10 menit


10 menit berlalu, dokter membawa hasil lab dan menjelaskan nya kepada saya dan ada beberapa yang bermasalah. Tapi bisa diatasi dengan vaksin setelah si empus nya sehat. "Lega"


Itu hasil Lab nya, yang bertanda merah lah yang bermasalah. Oke hasil lab disini gak saya jelasin ya, soalnya saya juga tidak begitu paham dan takut salah.

   Setelah dijelaskan hasil lab oleh drh. Mega, Gifa diberi Injeksi B12 dan Cerenia untuk Muntah pada hewan. Ditambah Infus RL untuk mengganti kebutuhan Cairan nya yg hilang. Meskipun kata dokter si empus dehidrasi nya gak parah, tapi karena gamau makan, minum jadi di infus. Disini si empus ga harus Rawat Inap , si empus cuma butuh cairan 100cc-150cc perhari jadi cuma sebentar aja.


  Karena saya tau ini itu nya dan obat-obatan  mau pun peralatan yang dipakai, dokter pun bertanya
"mbak nya dari medis juga? "
" iya dok"
"medis hewan apa manusia?"
"saya medis pada manusia dok"
Entah karena sama sama dari medis, dokter pun bilang:
"mba, ada infus set dirumah?"
"ada dok, kenapa dok?"
"Gifa bisa di infus di rumah ya, kalo masih gamau makan dan minum. Jadi ga perlu repot-repot dibawa kesini. Dan saya kasih antibiotik Oral aja untuk di rumah.
" oh gitu dok, tp sebelumnya saya belum pernah infus hewan dok, saya cuma pernah nyuntik aja."
"nanti saya ajarin dulu gimana caranya ya mba, infus nya SC (subcutan).
"iya dok, makasih" (Exited banget saya mau diajarin Infus kucing. Pengalaman dan pengetahuan baru)

Dokter : mba, ini antibiotiknya satu saya minumin disini ya, besok dilanjut dirumah sendiri.
Saya : iya dok.
(kebetulan antibiotiknya dikasih untuk dihabiskan selama 7 hari)
Dokter : kalo dalam 7 hari Gifa masih belum ada perubahan, dibawa lagi kesini ya kita cek lab lanjutan mba.
Saya : baik dok, terima kasih..

Sesampainya dirumah si empus masih bolak balik ke wc untuk poop. Alhamdulillah muntah nya udah gak ada, mungkin karena efek obatnya sudah bekerja dan cocok. Masih saya pantau terus perkembangannya.

  Keesokan harinya, si empus masih tidur lemas karena masih gak mau makan. Akhirnya saya Coba dan beranikan diri buat infus dia. (jujur, sebenernya saya gak tega, tapi wajib ditega)
Saya siapkan Infus setnya, disini saya gak pake Abocat (jarum Infus) yang dokter bilang, karena yang dokter bilang no. 20 sedangkan itu lumayan gede, jadi saya inisiatif pake yang no. 24 (biasa dipakai untuk bayi dan anak kecil) dan akhirnya sekali tusuk langsung masuk!!! 🤗 Gifa nya pun diam tanpa berontak, itu artinya dia nyaman gak merasa terganggu atau kesakitan.


  Sore harinya, si empus ternyata minta makan  sama minum meskipun sedikit sedikit yang penting udah mau dan ada yang masuk. Muntah nya udh bener-bener hilang, diarenya pun sudah berampas gitu lah, tandanya sudah ada perubahan.

  Semakin hari Alhamdulillah semakin membaik, nafsu makannya pun sudah mulai muncul kembali. setelah makan , minum selalu saya minumin antibiotiknya sampai habis selama 7 hari.

  Dan sekarang si empus sudah kembali normal, BB nya bertambah, lincah, pecicilan lagi Alhamdulillah!! Pleaseee jangan bikin panik sekeluarga lagi ya mpussss.. Sehat-sehat terus♥️ we love you!

Kalo ada yang bilang "ini orang kucing sakit kaya gitu doang harus sepanik itu?!"
Saya bakalan jawab " IYA! Karena saya gak mau telat lagi bawa kucing ke dokter dan akhirnya mati.

Btw, untuk Harga :
1. Konsultasi Rp. 100.000
2. B12 Inj Rp. 40.000
3. Cerenia Inj Rp. 90.000.
4. Infus SC RL Rp. 50.000
5. Antibiotik Metronidazole 50mg Rp. 25.000
6. Darah Hematologi Rp. 150.000
Total : Rp. 455.000

  Disini saya tegasin lagi ya, ini harganya tergantung klinik nya. Kalo menurut saya harga segitu wort it. Karena bener detail cara penjelasan dan tindak lanjut nya harus seperti apa.

Pesan saya : kalo hewan kalian sakit, coba kasih tindakan pertolongan pertam yang kalian biasa lakuin sebelum ke klinik. Kalo ada perubahan, tinggal dipantau dan di cek kesehatannya rutin.
Kalau tidak ada perubahan setelah tindakan pertama kita lakukan, langsung bawa ke Klinik hewan terdekat.

Oiya, pemberian obat cacing juga penting, jadi kita sebagai owner nya harus memberikan obat cacing per 6 bulan sekali untuk mencegah cacingan pada hewan kita.

Sampai disini ya sharing tentang kucingnya guys. Ini masih saya singkat ceritanya, kalo gak gitu panjang banget😅 semoga bermanfaat. See you next time...




Comments

Popular Posts